Skip to main content

SketchUp Program Pemodelan 3D Yang Mudah Dipelajari

Model 3D Sketchup Conveyor Belt
Program pemodelan 3D yang pertama kali saya kenal adalah Sketchup, waktu itu software ini bernama Google Sketchup. Di antara aplikasi 3D modeling yang tersedia, bagi saya ini adalah yang paling mudah untuk digunakan dan dipelajari.

Bagi Anda yang belum pernah menggunakan silahkan unduh di website resminya dan meskipun baru pertama kali membuka karena tampilannya yang simpel banyak yang bisa sekedar membuat bentuk sederhana meskipun hanya garis, persegi atau lingkaran. Anda tidak perlu membaca buku manual tebal dan konsep geometris khusus untuk dipahami. Pemodelan dengan SketchUp hanya soal menjalankan mouse Anda dan membuat goresan.


Butuh berapa lama mahir Sketchup?

Pertanyaannya untuk bisa mahir menggunakan Sketchup biasanya butuh waktu berapa lama? Jawabannya sangat tergantung pada latar belakang dan pengalaman; secara umum, Anda bisa membuat bentuk-bentuk sederhana dalam waktu kurang dari empat jam. Tetapi untuk bisa ahli tetaplah butuh proses dan latihan. Waktunya bisa sebentar atau lama.

Tapi sekali lagi Anda tak perlu kuatir, Sketchup mudah dipelajari. Pengalaman pribadi jika Anda bersedia meluangkan waktu untuk latihan, melihat video dan membaca tutorial dalam waktu kurang dari sebulan Anda sudah bisa membuat model yang cukup kompleks seperti sebuah rumah satu lantai. Ada begitu banyak video tutorial dan buku yang membahas Skethcup yang bisa Anda jadikan pegangan.

Sketchup dibandingkan dengan program lain

Program pemodelan 3 Dimensi hadir dalam dua bentuk dasar, solid object dan surfaces. SketchUp termasuk pemodelan dengan bentuk dasar surfaces. Segala sesuatu di SketchUp pada dasarnya terdiri dari permukaan yang tipis (tak terhingga tipis, sebenarnya)- biasa disebut face. Bahkan hal-hal yang nampak tebal (seperti dinding ) sebenarnya adalah cangkang berongga. Membuat model menggunakan SketchUp ibarat membangun model dari kertas yang benar-benar tipis. Surfaces modelling seperti SketchUp sangat bagus untuk membuat model dengan cepat.

Bentuk dasar lain adalah solid object. Menggunakan software tipikal ini ibarat membuat model dari tanah liat. Sebuah kotak tanah liat ketika Anda potong tengahnya tentu saja benar-benar solid, bukan rongga. Program seperti SolidWorks dan Autodesk Inventor membuat model yang solid.

Insinyur mekanik dan desainer industri - cenderung bekerja dengan model padat karena mereka dapat menggunakannya untuk melakukan beberapa perhitungan dengan cukup tepat. Program berbasis solid object mampu menghitung volume sebuah objek, artinya Anda bisa mendapat informasi misalnya mengenai berat benda.

Informasi lengkap mengenai sketchup bisa Anda dapatkan di sini : Belajar Sketchup.


Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments