Skip to main content

Kopi Luwak Dan Semua Serba-Serbinya

Tahukah Anda salah satu minuman termahal? Ternyata adalah  Kopi Luwak. Ada berbagai hal yang unik dan menarik tentang kopi luwak mulai dari rasanya, proses pembuatan, dan fakta yang lain.

Kopi Luwak banyak ditemui di Sumatera, Jawa serta Sulawesi. Penamaan kopi Luwak juga disebabkan keterkaitan Luwak dalam proses pembuatan kopi. Proses pembuatan kopi Luwak memang sangat unik. Seperti telah kita ketahui kopi dihasilkan dari bijinya. kualitas sebuah kopi sangat ditentukan oleh pemilihan buah kopi. Proses pemilihan inilah yang perannya diambil oleh Luwak.

Makanan luwak diantaranya adalah buah kopi. Luwak hanya akan makan buah kopi yang benar-benar pilihan. Buah-buah kopi yang telah dimakan oleh luwak itu nantinya akan dicerna dan dibuang lewat kotoran. Diantara kotoran luwak ini biji-biji kopi tersebut diambil.

Tentunya biji tersebut tak bisa dicerna. Biji-biji kopi yang telah dikumpulkan dari kotoran luwak tersebut kemudian dijemur setidaknya selama seminggu. Setelah benar-benar kering ditumbuk agar selaput pembungkus biji kopi bisa lepas. Itu belum proses terakhir masih ada pekerjaan pemilihan biji-biji tersebut secara manual. Bisa dikatakan semua proses mulai dari pemilihan buah kopi hingga berbentuk biji kopi berjalan secara alamiah dan manual.
















Situs terkait tentang kopi luwak :www.buy-kopi-luwak.com, www.animalcoffee.com




Sumber image : gettyimages



Comments